Selasa, 07 Mei 2013

Summary dari Jurnal “ The Impact of Social Factors on Economic Growth: Empirical Evidence for Romania and European Union Countries”

Summary dari Jurnal “ The Impact of Social Factors on Economic Growth: Empirical Evidence for Romania and European Union Countries”

1.    Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pentingnya faktor sosial pada pertumbuhan ekonomi, mengingat indikator ekonomi makro yang paling sering digunakan, yakni PDB per kapita, bukan ukuran yang paling tepat untuk kesejahteraan bangsa. PDB per kapita gagal untuk mempertimbangkan beberapa sektor tertentu dari ekonomi, seperti pasar gelap dan ekonomi abu-abu.

2.    Metodologi Penelitian

Penelitian ini merupakan studi empiris menggunakan statistik uji. Faktor sosial yang dijadikan faktor uji adalah  faktor demografi dan budaya, dalam rangka untuk menentukan pentingnya masing-masing dua kelas ketika mempelajari dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi. Sebagai contoh, struktur penduduk merupakan indikator sosial yang sangat penting, karena mempengaruhi distribusi pendapatan masyarakat. Penelitian ini menganalisis perkembangan sosial dan ekonomi di Rumania dibandingkan dengan negara-negara Uni Eropa lainnya, untuk mengidentifikasi perbedaan utama dan sumber kesenjangan.

3.    Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mempertahankan pembangunan manusia (yang diukur dengan Indikator Pembangunan Manusia, yang dirujuk sebagai "IPM"), dengan mempertimbangkan manfaat ekonomi yang timbul dalam jangka panjang. Disamping itu, manfaat dari penelitian ini adalah  untuk menghilangkan hambatan untuk standar hidup yang layak, sumber daya luar dan dukungan yang diperlukan bagi negara-negara miskin. Serta pembaca bisa mnegetahui faktor sosial apa saja yang memberikan pengaruh atas pertumbuhan atau pembangunan ekonomi di Romania dan Kota Uni Eropa

4.    Kesimpulan

Analisis hubungan antara faktor-faktor sosial dan pertumbuhan ekonomi menunjukkan dampak pembangunan manusia pada perkembangan ekonomi, baik melalui mekanisme langsung dan tidak langsung. Seperti hasil uji yang dilakukan, faktor budaya dan demografis memiliki pengaruh tertentu pada perekonomian. Lebih khusus, budaya mendefinisikan preferensi cara penduduk mengambil keputusan, persepsi atas hidup dan perspektif untuk masa depan. Di sisi lain, faktor demografi juga penting karena struktur penduduk dan kapasitas kerja juga memberikan kontribusi terhadap PDB.

Dalam hal analisis lingkungan sosial dan ekonomi di Rumania, penelitian mengidentifikasi bahwa kesulitan utama terkait dengan fakta bahwa negara tersebut merupakan salah satu IPM Indikator yang terendah dan peningkatan yang sangat kecil dalam tingkat dari PDB setelah kejadian dari tahun 1989.

Hasil analisis ekonometrik dilakukan untuk negara-negara Uni Eropa menunjukkan faktor-faktor yang berkorelasi positif dengan pertumbuhan ekonomi (yaitu tahun diharapkan sekolah dan harapan hidup) dan masing-masing faktor-faktor yang berkorelasi negatif dengan pertumbuhan ekonomi (yaitu populasi yang berisiko kemiskinan dan tingkat pengangguran). Selanjutnya, mengingat pendekatan jangka panjang, pembangunan sosial dan peningkatan taraf hidup dapat menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Di sisi lain, analisis clustering dan penyajian evolusi global lingkungan sosial dan ekonomi juga telah menetapkan hubungan yang kuat antara pembangunan manusia dalam suatu negara dan pembangunan ekonomi. Selain itu, korelasi antara faktor-faktor mengukur kesehatan sosial dan pertumbuhan ekonomi harus dilengkapi dengan analisis faktor kompleks lainnya (misalnya keuangan, politik dan legislatif) dan juga harus bermanfaat untuk masing-masing negara.

0 komentar:

Posting Komentar